PINDAH KANDANG

Sebelumnya telah saya bahas pemeliharaan bagi anak ayam (DOC) besrta scedule maka pada kali ini bab tentang perpindahan kandang. Mengapa ayam perlu dipindah? Ayam harus dipindah agar pertumbuhan badan seimbang, stabil dan berat badan merata.
Ayam harus di pindah kandang minimal berusia 2 bulan dari kandang panggung (tempat DOC) ke kandang produksi. Maksud kandang produksi adalah kandang dimana semua ayam petelur ini nantinya akan melakukan tugasnya yaitu bertelur setiap hari.

Contoh gambar kandang


Pada saat ayam berumur 60 hari maka harus dipindah kandang. Hal ini  sangat disarankan agar ayam sehat disamping mempermudah pemeliharaan.
Kandang ayam panjang 16 X 5,5 meter mampu menampung ayam 900 ekor ,kandang yang baik terlihat seperti pada gambar disamping. Jarak panggung dengan tanah 1,5 meter sehingga udara akan bebas dengan begitu bau kotoran langsung hilang.
Keuntungan kandang panggung:
  1. Pemeliharaan mudah ayam makan secara merata
  2. Pemberian vitamin dan vaksin merata
  3. Kesehatan selalu terjaga / optimal
  4. Ayam terkontrol dengan baik
  5. Mempersingkat waktu melaksanakan pekerjaan pemberian makan dan minum
  6. Pada saat musim penghujan aman tidak becek sehingga kita bisa dengan leluasa pergi ke kandang
  7. Aman dari pemangsa ( anjing, musang) memakan telor.
Setelah semua ayam dipindahkan ke kandang panggung jangan lupa memberikan minum Super-vit untuk mengurangi stress yang tinggi sehingga ayam cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Biasanya ayam berkurang nafsu makan selama 3-5 hari tetapi anda tidak usah khawatir  setelah beberapa hari di kandang baru, nafsu makan ayam akan pulih kembali dengan pemberian vitamin yang cukup. Pemberian makanan secukupnya jangan terlalu banyak sebab jika pakan ayam tidak habis di makan dalam sehari akan menggumpal yang akhirnya tumbuh jamur yang membahayakan kesehatan ayam. Buatlah takaran untuk menakar porsi jumlah makanan sehingga kita akan tahu perkembangan ayam berapa gram harus di berikan untuk sekali makan. Ayam yang berumur 60 hari cuma membutuhkan 0,5 gram dalam sehari. Semakin besar pertumbuhan ayam maka porsi yang di butuhkan akan semakin banyak pula. Ayam mulai bertelur pada umur 5 bulan ke atas bila ayam dipelihara dengan baik, tetapi bila pemeliharaanya kurang baik ayam mulai bertelur umur 6-7 bulan.

Lalu bagaimana agar pemberian makanan ayam lebih hemat?

Menurut pengalaman saya dan sudah saya terapkan sampai  sekarang adalah mencampur pakan dengan seimbang yaitu jagung 80 kg + katul 40 kg + Konsentrat layer 50 kg, mineral 2 kg vitamin 1 bungkus dicampur menjadi satu adonan sehingga merata.
Satu petak battree berisi 10 ekor ayam, porsi makan untuk 2 ekor ayam 220 gram jadi cara kita memberi makan ayam :
Setiap 2 ekor ayam didalam battree yang bersebelahan ditaruh 220 gram pakan tepat diantara keduanya sehingga bila makan akan saling berebut makanan. Dengan begitu pakan ayam akan selalu habis tepat waktu tidak akan tersisa. Pemberian makanan cukup di pagi hari saja agar nafsu makan tetap bagus. Jangan khawatir ayam akan kelaparan yang terpenting untuk minum ayam jangan sampai kehabisan. Penting bila sore hari kuras bersih tempat air agar ayam tidak terkena penyakit pilek.
Semprot selalu kandang dalam waktu berkala menggunakan desinfektan, sebaiknya jangan cuma satu jenis desinfektan tetapi bevariasi. contohnya Antisep, Disvektor, Bromoquad, dll. Cuci tangan dan kaki pada saat keluar atau masuk kandang agar bebas dari bakteri.
Berikan penerangan yang cukup untuk ayam pada masa awal produksi minimal bola lampu 10 watt.
Selalu menjaga kebersihan kandang wajib diutamakan agar semua terbebas dari virus.

0 komentar:

 
Powered By Blogger | Portal Design By Bisnis Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top