PITUTUR

Pitutur atau disebut juga kata-kata bijak yang penuh arti dan makna dari seorang teman

Keberanian sejati adalah sikap bersedia dikoreksi bila salah dan siap menerima kebenaran meskipun dari orang yang memiliki kedudukan lebih rendah. Berkata memang mudah. Namun untuk mempraktekkan apa yang diucapkan butuh pengorbanan yang besar. Bahkan terkadang harus dengan taruhan nyawa. Orang yang berbicara dengan kata yang diolah demikian rupa dan disusun dengan rapi serta indah sehingga mampu membuat orang terkesima, biasanya mudah diacungi jempol dan dianggap sebagai orang “hebat”. Walaupun dalam kesempatan lain dia melanggar dan menelan perkataannya sendiri.
========================================================================


Dimanapun dan siapapun yang memakainya akan selalu indah dipandang mata dan akan selalu teringat dalam hati, itulah pakaian kesederhanaan. Selalu cinta dengan yang sederhana, selalu memendam hasrat untuk bersanding dengan kesederhanaan sebab kesederhanaan itu adalah pakaian terindah para hamba dihadapan ALLOH.

=========================================================================

Pada suatu tahun di musim dingin, seorang pemburu membawa anjing pemburunya pergi berburu.

Saat hendak berburu kelinci, tembakan pemburu itu telah mengenai kaki belakang seekor kelinci. Kelinci malang yang terluka itu dengan segala daya berusaha menyelamatkan diri, sedangkan anjing pemburu yang berada di belakangnya mengejar dengan tidak mengenal ampun.

Tetapi sesaat setelah kejar mengejar terja

di, kelinci itu berhasil berlari semakin lama semakin menjauh. Akhirnya anjing pemburu itu pun mengerti kelinci tersebut tidak mungkin terkejar lagi, terpaksa dengan kesal hati dia kembali ke samping sang pemburu.

Dengan emosi sang pemburu berkata, "Sungguh tidak berguna! bahkan seekor kelinci yang sudah terluka pun tidak terkejar!"

Mendengar perkataan ini dengan sangat kesal anjing tersebut memberikan alasannya, "Tadi saya sudah berusaha dengan sekuat tenaga!"

Sementara itu si kelinci dengan luka kaki tertembak berhasil meloloskan diri pulang ke rumahnya, saudara-saudaranya segera menghampiri dan mengelilingi dirinya seraya bertanya dengan takjub, "Anjing pemburu itu sangat galak sekali, sedangkan kamu sendiri terluka, bagaimana dirimu bisa lolos dari kejaran?"

Kelinci itu menjawab, "Dia berusaha dengan sekuat tenaga, sedangkan saya berjuang dengan mati-matian! Bila ia tidak bisa mengejar saya, paling-paling ia akan dicaci maki oleh majikannya, sedangkan saya jika tidak berjuang untuk berlari secara mati-matian, nyawa saya yang akan melayang!"

===============================
Point yang bisa diambil dari cerita diatas adalah :

"Siapapun anda, jika ingin unggul dari yang lain, untuk menciptakan sebuah keajaiban, jika hanya berusaha dengan sekuat tenaga masih jauh dari mencukupi, anda harus berusaha atau berjuang dengan mati-matian baru bisa mencapai keberhasilan."
 
=====================================================================
 
 

0 komentar:

 
Powered By Blogger | Portal Design By Bisnis Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top